Chacha, Kaka, Popo, Tiga Ikon Program ICAKAP Kemenkominfo

Chacha, Kaka, Popo, Tiga Ikon Program ICAKAP Kemenkominfo

Blogger Matoh - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan program ICAKAP, untuk mengedukasi anak-anak terutama usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menggunakan internet secara cerdas.

Lebih menyasar kepada anak-anak, Kemenkominfo menciptakan konten dalam format animasi sebagai bahan edukasi terkait dengan program ini. Konten tersebut didukung oleh tiga karakter yang didapuk sebagai ikon program ICAKAP, yaitu Chacha, Kaka, dan Popo.

Chacha, karakter anak perempuan berkacamata dalam balutan warna pink, mewakili karakteristik Internet Cerdas. Karakteristik Internet Cerdas yaitu memanfaatkan internet secara baik, tepat guna, aman sesuai etika, budaya dan norma yang berlaku.

Sementara itu, Kaka, karakter anak laki-laki dalam balutan warna biru, mewakili karakteristik Internet Kreatif. Karakteristik ini yaitu menciptakan karya baru yang berpotensi untuk memberikan manfaat dan nilai tambah kepada pengguna internet.

Popo, karakter anak laki-laki dalam balutan warna ungu gelap, bertugas mewakili karakteristik Internet Produktif, yaitu mendapatkan dan memberikan manfaat dari penggunaan teknologi dan internet untuk diri sendiri dan orang lain.

Ketiga ikon ini hadir dalam film animasi Digital Hero Indonesia (DIGIRO) yang diciptakan Kemenkominfo, dan bekerja sama dengan Castle Production. Film ini dibuat sebagai media edukasi untuk mengarahkan anak-anak dalam menggunakan internet secara positif dan benar.

0 Response to "Chacha, Kaka, Popo, Tiga Ikon Program ICAKAP Kemenkominfo"