Begini Prosedur Donor Ginjal di RSCM yang Sesuai Hukum!

Begini Prosedur Donor Ginjal di RSCM yang Sesuai Hukum!

Blogger Matoh - Jakarta - Jual beli ginjal kini tengah ramai. Apalagi setelah polisi mengungkap praktik gelap jual beli ginjal ilegal. Tapi sebenarnya, ada juga praktik donor ginjal yang sesuai aturan.

Bagaimana prosesnya? Dirut RSCM C.H. Soejono membeberkan proses donor ginjal yang sesuai hukum.

"Awalnya tim advokasi transplantasi ginjal itu melakukan penyaringan. Jadi dia (pendonor) masuk dalam kamar/ruangan terus si calon donor itu bareng dengan dokter psikiatri forensik melakukan wawancara," jelas Soejono di RSCM, Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Soejono melanjutkan, dalam wawancara itu dieksplorasi, diidentifikasi dengan baik, apakah sudah dewasa atau belum. Dengan bukti hukum yang sah kemudian setelah itu diperiksa apakah secara emosional, intelektual, dan kognitif memiliki kemampuan mengambil keputusan bagi dirinya sendiri dan bebas dari tekanan.

"Wawancara itu hanya bisa dilakukan oleh profesional psikiatri forensik. Itu memang harus dilakukan. Apa yang ditanya itu memang bagian dari profesionalisme. Prosedur dilakukan dengan bagus. Kemudian juga harus diketahui fungsi eksekutif dari bakal calon donor itu. Apa dia punya kemampuan analisis terhadap apa yang sebenarnya dia ambil keputusan bagi dirinya itu," tutur dia.

Kemudian, setelah operasi pendonor harus menjalani hidup normal. Misalnya, kalau seorang setelah mendonasikan ginjalnya, terus bagaimana nanti dia hidupnya. Mereka-mereka yang belum proses penyembuhan tentu sulit bagaimana dia bisa bertanggung jawab pada dirinya pada kemudian proses setelah kelangsungan donor tersebut.

"Tentu ada tekniknya untuk bisa mengetahui jawaban dari bakal calon donor. Kita juga lakukan penelusuran jangka panjang, riwayatnya dan lain-lain. Ada tekhik khusus agar bisa melindungi bakal calon donor supaya tidak memengaruhi ke hal-hal yang tidak baik," terang dia,

"Setelah diperoleh assesment terhadap kognitifnya, kemampuannya mengambil keputusan, baru kemudian masuk ke penahbisan medis, apakah orang ini sehat dan kemudian jaringannya matching. Kalao proses dua ini berlangsung dan clear baru boleh. Jadi ketat banget," tambahnya.

Jadi, lanjut Soejono, pendonor yang sampai ke meja operasi sudah benar-benar clean tidak ada masalah. Untuk di RSCM biaya operasi ginjal Rp 300 juta.

"Itu tarif resmi, unit cost operasi dan unit cost itu harus diketahui pendonor. Kan BPJS juga menanggung," tegas dia.

RSCM menjamin di RSCM operasi ginjal yang dilakukan legal. "Insya Allah para tim psikater forensik kami, tim advokasi kami itu bisa mendeteksi oknum oknum yang mencoba untuk melakukan tindakan yang tidak semestinya," tutup dia. Sejak 2009, sudah ada 200 operasi yang dilakukan di RSCM.

0 Response to "Begini Prosedur Donor Ginjal di RSCM yang Sesuai Hukum!"