Awas! Malware Android Bisa Tembus Sistem Keamanan Suara


Blogger Matoh - Perusahaan keamanan digital Symantec baru-baru ini menemukan sebuah malware baru yang memungkinkan hacker untuk membobol sistem keamanan yang menggunakan otorisasi dua faktor atau two-factor authorization (2FA).
Malware bernama Android.Bankosy ini dikatakan mampu mengelabui sistem 2FA, yang disebut sebagai sistem keamanan paling aman saat ini.
2FA sendiri merupakan sistem keamanan yang berbasiskan suara. Sistem ini telah banyak digunakan oleh korporasi yang menyimpan data sensitif seperti halnya korporasi keuangan.
Tidak seperti versi sebelumnya yang menggunakan SMS untuk memberitahu kode otentikasi kepada pengguna, 2FA menggunakan suara melalui panggilan telepon untuk memberitahu kode otentikasinya. Sistem tersebut dianggap aman karena tidak mudah untuk sebuah program menganalisa data panggilan suara yang diterima.


Cara kerja malware Android.Bankosy (Symantec)
Meski demikian, malware Android.Bankosy menggunakan pendekatan yang unik untuk membobol sistem tersebut. Symantec mengatakan bahwa Android.Bankosy mengawali aksinya dengan cara mengirimkan permintaan kode akses ke server.

Setelah itu, server secara otomatis akan mengirimkan kode otentikasi menggunakan panggilan suara ke ponsel yang dituju yang telah terinfeksi. Android.Bankosy kemudian mengalihkan panggilan server ke nomor tertentu secara otomatis untuk kemudian didengarkan oleh sang hacker.

 
Kode program malware Android.Bankosy (Symantec)
Symantec juga mengatakan bahwa Android.Bankosy bekerja cukup cerdas. Ketika telah menginfeksi perangkat tertentu, ia akan mengalihkan panggilan secara otomatis tanpa meninggalkan jejak. Penggunanya bahkan tidak tahu jika ia mendapatkan panggilan telepon yang dialihkan.

Untuk mencegahnya pihak Symantec menyarankan pengguna perangkat untuk melakukan hal-hal berikut ini:
- Pastikan seluruh software update dengan baik.
- Hindari mengunduh aplikasi dari situs mencurigakan.
- Hanya instal aplikasi dari sumber terpercaya.
- Perhatikan dengan baik permintaan izin yang diminta sebuah aplikasi.
- Instal aplikasi keamanan untuk melindungi perangkat dan data Anda.
- Lakukan back-up data-data penting secara berkala.

0 Response to "Awas! Malware Android Bisa Tembus Sistem Keamanan Suara"