Kiat Menangi MEA, Indonesia Bisa Pakai Strategi Ala Tim Sepak Bola

 
Blogger Matoh - JAKARTA - Terobosan yang dilakukan Adira Finance dengan mendirikan Adira Finance Corporate University (AFCU) diapresiasi positif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kehadiran AFCU menjadi solusi atas kekhawatiran kualitas sumber daya manusia (SDM) multifinance di Indonesia menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Merangkap Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank Firdaus Djaelani mengungkapkan, persaingan di bidang multifinance di era MEA harus disikapi secara bijak oleh para pelaku pasar di Indonesia. Firdaus menjelaskan, suatu korporasi multifinance yang memiliki sebuah lembaga pelatihan SDM seperti AFCU sangat tepat.

Kehadiran AFCU, kata Firdaus, merupakan visi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan SDM di tengah persaingan sebelum maupun pada saat diberlakukan MEA. ''Pendirian Corporate University bukan semata untuk menghadapi MEA tapi persaingan bisnis.Itu sesuai kebutuhan dalam memberikan bekal karir bagi karyawan,''jelas Firdaus saat Grand Launching Adira Finance Corporate University di Landmark Tower, Sudirman, Jakarta, Senin (18/1).

Firdaus juga berpesan agar pasar di Indonesia tidak perlu takut menghadapi persaingan MEA. Dia berharap agar pelaku pasar menyiapkan strategi untuk memenangkan persaingan dengan negara lain. Menurut Firdaus, pelaku pasar di Indonesia bisa menerapkan strategi ala tim sepak bola.

''Kebetulan saya ini gila bola. Dalam sepak bola itu ada taktik bertahan dan menyerang. Strategi itu bukan hanya bertahan tapi juga menyerang negara lain,''ujarnya.

Dia menegaskan jika Indonesia sangat siap untuk menghadapi persaingan MEA. Baginya, MEA bukan sesuatu yang harus ditakuti. Apalagi, bila dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, Gross Domestic Product (GDP) Indonesia sangat besar.

''Bila dibandingkan dengan ASEAN, GDP Indonesia yang terbesar, masuk 16 besar dunia. Jadi dari sisi kesiapan kita sudah siap. Jangan sampai jago kandang tapi juga harus jago tandang kalau masuk pasar Thailand, Vietnam, atau Filipina,''paparnya.

0 Response to "Kiat Menangi MEA, Indonesia Bisa Pakai Strategi Ala Tim Sepak Bola"