5 Cara untuk Mempertajam Memori Otak

5 Cara untuk Mempertajam Memori Otak

Blogger Matoh - Seiring berjalannya waktu, pada umumnya, kekuatan dan kemampuan memori otak seseorang untuk mengingat sesuatu akan melemah. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kemampuan mengingat otak kita tetap kuat dan tidak cepat pikun.

Berikut beberapa trik dan cara yang bisa dicoba:

1. Aroma yang kuat
Temukan aroma baru. Ketika Anda bangun pagi hari, cobalah untuk menghirup sesuatu dengan aroma yang kuat, seperti bubuk kopi atau ramuan aroma herbal rosemary. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa aroma sangat memengaruhi kemampuan kognitif orang. Semakin kuat rasa penciuman, memori Anda diyakini akan lebih tajam.

2. Diet untuk memori
Para ilmuwan menyarankan kita untuk makan makanan yang tinggi antioksidan, antara lain blueberry, apel, pisang, sayuran hijau tua, bawang putih, dan wortel. Karena, semuanya tersebut mampu menetralisir elektron, atau radikal bebas, yang melemahkan memori. Kemampuan otak juga akan lebih baik jika kita mengonsumsi lemak sehat, di antaranya asam lemak Omega-3 yang bisa ditemukan dalam ikan dan kacang-kacangan.

3. Latihan otak
Buatlah otak Anda “berkeringat” atau berpikir! Permainan games seperti Sudoku dan teka-teki silang akan menantang kekuatan daya ingat dan menguji memori otak. Anda juga dapat bermain catur, scrabble, atau belajar bahasa baru untuk menantang kemampuan otak. Hindari kegiatan yang monoton. Karena itu, Anda pun perlu sesekali mencoba rute baru ketika pergi atau bekerja, atau menyikat gigi dengan tangan yang berbeda. Singkatnya, lakukan hal-hal yang tak terduga.

4. Tidur cukup
Kemampuan otak juga akan dipulihkan dengan tidur malam yang baik. Tidur diyakini merupakan proses yang sangat penting untuk mengonsolidasikan kenangan-kenangan yang dimiliki seseorang. Menurut para ilmuwan, melewatkan tidur malam yang cukup akan menyebabkan sebagian file memori Anda tercampur, atau hilang dari otak Anda.

5. Masa lalu, sekarang, dan ke depan
Terakhir, cobalah latih otak untuk mengingat kembali tentang tanggal dan peristiwa penting dalam hidup Anda dan hal-hal yang ingin diingat. Otak akan mengambil manfaat dari latihan ini dan akan memperlambat penurunan kemampuan memori otak. Sederhanakan kegiatan otak, dengan cara tidak melakukan terlalu banyak hal sekaligus, atau sekali waktu.

Selamat mencoba!

0 Response to "5 Cara untuk Mempertajam Memori Otak"